Jumat, 01 Juni 2012

SEMINAR NASIONAL RIWAYAT KH. SAIKHUNA BADRUZZAMAN

RIWAYAT
K.H. SYAIKHUNA BADRUZZAMAN
 
 
Oleh:
A. Tajul Arifin, S.T.
 
 
 
SEMINAR NASIONAL
PENGUSULAN ALM. SYAIKHUNA BADRUZZAMAN
SEBAGAI PAHLAWAN NASIONAL
 
 
Diselenggarakan oleh:
YAYASAN MASYARAKAT SEJARAWAN INDONESIA
CABANG JAWA BARAT
Pesantren AI-Falah-Biru, Garut 4 Mei 2011

clip_image001[4]
RIWAYAT SYAIKHUNA BADRUZZAMAN
Oleh:
A. Tajul Arifin, S.T.
1. Peran dan Jasa Syaikhuna Badruzzaman bagi Agama, Bangsa dan Negara
Cahaya keunggulan ilmu Syaikhuna Badruzzaman sudah terlihat sejak usia muda baik di Indonesia maupun Internasional beliau yang sering diundang untuk mengakhiri menuntaskan masalah hukum agama yang sangat sulit setelah dirembuk oleh para ulama besar lainnya yang tidak kunjung tuntas, tidak hanya bergelut dengan teori keilmuan belaka beliaupun mempraktekan ilmunya untuk merintis dan menyusun kekuatan lahir dan batin untuk mengusir para penjajah di bumi Indonesia sehingga beliau berhasil mengusir penjajah dengan baik walau tidak ada sejarahnya bambu runcing melawan senjata canggih, atas karya nyatanya yang sangat luar biasa-lah beliau di tunjuk para negarawan untuk melantik, menyumpah atau mengukuhkan presiden pertama NKRI (1950) di Istana Merdeka (Wawancara dengan Bapak Kosasih dari Yayasan Pejuang 45).
2. Kampung kelahiran Syaikhuna Badruzzaman dan leluhurnya
Syaikhuna Badruzzaman lahir di Pesantren Biru, Kec. Tarogong, Kab. Garut, putra dari KH. Raden Asnawi Muhammad Faqieh (Bani-Faqieh) bin KR Raden Bagus Muhammad Ro'ie (Ama Biru), sebelumnya bernama Emong dan biasa dipanggil adiknya bernama Naib (Wawancara dengan Bapak Ahmad). Dari silsilah yang tercatat secara turun-temurun beliau adalah keturunan ke-18 dari Sunan Gunung Djati – Cirebon (Wali Songo) dan keturunan ke-18 dari Prabu Siliwangi (Raja Padjadjaran) (Wawancara dengan Ibu Hj Aisyah). Beliau lahir tahun 1898 M dan wafat tahun 1972 M (Wawancara dengan Bapak Ahmad Biru).
Pesantren Biru banyak menghasilkan sejarah yang patut di catat ditingkat lokal, nasional dan internasional khususnya dalam bidang agama dan perjuangan sebagai kebanggaan bangsa dan negara, khususnya suku Sunda. Biru didirikan tahun 1749 oleh Embah Pengulu (Embah Kyai Akmaluddin) penghulu Timbanganten/Garut dan menantunya Raden Kyai Fakaruddin dari Tanjung Singuru, Samarang-Garut (KH Aceng Imam Abdussalam, Sejarah Islam).
Bila dirunut dari silsilah keturunan Biru adalah titisan darah dari : Ulama Tanjung Singuru – Samarang Garut, Penghulu Garut, Raja Garut, Raja Cirebon, Raja Pajajaran, Raja Kuningan, Raja Galuh, Raja Banten, Raja Majapahit, Raja Demak, Bangsawan Madura, Raja Bali, Saudi Arabia (N. Muhammad SAW), Raja Mesir, India, Raja Cina (Kaisar Yung Lo dari dinasti Ming).
Pesantren Biru belum pernah di jajah akan tetapi di hormati, disegani dan di merdekakan oleh kolonial Belanda, seperti leluhurnya dari Tanjung Singuru, sehingga orang Biru bebas menuliskan sejarah bangsa Indonesia tanpa gubahan penjajah walau dilarang keras pada waktu itu dan sampai saat ini (2010) sejarah Biru masih bisa di lihat dalam bentuk tulisan dengan jelas baik dalam sejarah silsilah, pertalian darah, uratan serta kaitan pelaku sejarah dari mulai lokal, nasional dan internasional, karya KH. Imam Abdussalam Bandung yang belum dipublikasikan secara umum.
3. Masa muda dan pendidikan Syaikhuna Badruzzaman
Masa kecil Syaikhuna Badruzzaman tidaklah jauh berbeda dengan lainya beliaupun pernah main sepak bola bersama temanya dengan jeruk bali, kalau bola sudah dibawanya temanya menghindar sehingga bola masuk kegawang tanpa perlawanan "keun weh antep Aceng mah..." (Wawancara dengan Bapak Ahmad). Adapun masa pendidikan beliau hanya sebatas pengetahuan agama saja karena orang tuanya tidak mengijinkan untuk sekolah umum, keunggulan pengetahuan beliau sudah terlihat dari sejak kecil, bila sedang mengaji sering tertidur apabila ditanya gurunya bisa menjawab sehingga gurunya merasa heran, bila temanya sedang tidur dimalam hari beliau membawa lampu cempor sambil mutholaah kitab sendirian, sehingga diintip oleh orang tuanya dari bilik luar "Euleuh geuning itu si Emong keur ngapsahan kitab sorangan.." (Wawancara dengan Ibu Aisyah).
Beliau berguru kepada hampir seluruh pesantren-pesantren yang ada di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Mekah dengan guru terkenalnya seperti KH. Raden Qurtubi Tarogong Garut, KH. Hsyim Asy'ari Tebuireng Jombang Jawa Timur, Syeikh Ali Al-Maliki guru besar Mekah dll. Oleh karena itu, biaya pendidikanya cukup besar sehingga sering orang tuanya merelakan menjual tanahnya untuk biaya sehari-hari di pesantren dan membeli kitab-kitab yang dibutuhkan (Wawancara dengan Ibu Aisyah).
Walaupun beliau dalam usia sangat muda tapi keilmuanya sudah cukup mapan mampu menyelesaikan permasalahan agama yang mustahil dan tidak mudah begitu saj a untuk diputuskan sehingga mendapat gelar "Syaikhuna Muda" karena mengungguli ulama-ulama besar lainya, beliau sering diundang untuk mengakhiri permasalahan yang masih diperdebatkan para ulama "Cing tah coba ka Biru, didinya aya budak nu letahan" (Wawancara dengan K. H. Engking).
4. Syaikhuna Badruzzaman Memperjuangkan Kemerdekaan
Masa perjuangan SBZ dengan penjajah menghabiskan waktu yang tidak sebentar, beliau dicurigai, diintai, difitnah bahkan dikejar oleh pemerintahan Belanda dari sejak usia muda (1911-1950M) walaupun bukan sebagai aktifis partai politik, sehingga beliau menghindar sambil tetap menyebarkan agama islam didaerah pengungsian seperti Majenang – Jawa Tengah, Taraju – Tasik Malaya dll, dengan sebab situasi seperti itulah beliau menginginkan kemerdekaan yang tujuan utamanya adalah tiada lain kecuali agar supaya umat islam bisa beribadah dengan tenang (Wawancara dengan Bapak Ahmad).
Seandainya pada jaman penjajahan (1942-1945M) Jepang diceritakan kepada generasi muda tidak-lah mereka akan percaya, dimasa itu rakyat Indonesia seolah-olah ditelanjang, kelaparan dimana-mana, makanan susah didapat, celana karet, baju karung dan kadut, perut busung, raga tinggal tulang, bantal-kasur sampah dan rumput, begitulah yang bisa digambarkan oleh saksi hidup dijaman Jepang (Wawancara dengan Bapak H. Didi), sehingga SBZ menyindir kepada muridnya "Mana rasa syukurmu terhadap tuhan yang telah memberikan kemerdekaan?, dijaman Jepang kita ditelanjang sekarang pakaian asal kepakai!, mau seperti apa kelakuan-mu ?" (Wawancara dengan Bapak Ahmad).
SBZ mulai membentuk batalion Hizbulloh di Jaman Jepang dengan membuat sistem kholwat dan pada tahun 1943 pasukan Hizbulloh berhasil menguasai logistik Jepang di kp. Malayu Samarang sehingga kunci logistiknya Hotel Malayu diserahkan oleh 8 utusan Jepang kepada SBZ, pada tahun 1945 dua tentara Jepang menyerahkan diri kepada SBZ dan diganti nama Abubakar dan Kholid, kemudian ditugaskan untuk melatih perang pasukan Hizbulloh oleh SBZ di pesantren, Abubakar ditangkap oleh Belanda dan dihukum mati pada tahun 1949 dan dimakamkan di Makam Pahlawan Tenjolaya Garut tahun 1975. Pesantren Al-Falah Biru di jaman Jepang mengalami puncak kejayaan, muridnya ratusan ribu sehingga Jepang menyebut Maha Radja kepada KH Faqih yang dibantu putranya KH. Badruzzaman karena Jepang melihat kehebatan pengaruhnya melebihi yang lainnya (Wawancara dengan Bapak H. Didi).
5. Perjuangan Syaikhuna Badruzzaman Mempertahankan Kemerdekaan
Perjuangan Bangsa Indonesia belum cukup hanya dengan memproklamirkan kemerdekaanya saja (1945M) akan tetapi masih adalagi tantangan yang harus dihadapi yaitu penjajah Belanda yang belum puas atas kemerdekaan Indonesia, sehingga para pejuang harus bersikeras dan bekerja lebih keras lagi untuk mempertahankan kemerdekaan-nya sehingga tidak terelakan bayarannya adalah cucuran darah, keringat dan air mata yang tidak sedikit hampir-hampir perjuanganya kandas diujung tanduk dan diserahkan kembali kepada penjajah atas ketidak berdayaan bangsa ini pada saat itu (Wawancara dengan Bapak Ahmad).
Dalam situasi seperti ini beliau SBZ ikut ambil bagian dengan mengerahkan besar-besaran segala kekuatan lahir dan batin, pikiran dan perasaan, ilmu lahir dan goib, materil dan spiritual, tidak hanya berjuang sendirian beliaupun ikut menggembleng, memotivasi, menguatkan, menjamin keselamatan dan keamanan, bahkan berani membiayai dengan harta dan kekayaanya untuk ongkos kebutuhan akomodasi, transportasi dan logistik bagi para pejuang secara terus-menerus, setiap beliau melepas prajuritnya ke medan juang terlebih dahulu dikuatkan dan diuji secara fisik maupun batin, mental dan spiritual dengan standar kekuatan rata-rata minimum senjata tongkat kayu bisa menahan atau mengalahkan senjata brand, kanon, tank baja dan senjata canggih lainya. Beliau mengirimkan prajuritnya ke Bandung selama 3 bulan berturut-turut silih berganti 41 orang setiap berangkat dengan total 300 orang yang dikirim mampu membuat kabur tentara Belanda yang bersenjata lengkap dihalau dengan tongkat dan golok, SBZ hanya kehilangan satu orang prajurit yang dikirim ke Bandung, tidak hanya ke Bandung beliaupun mengirimkan prajuritnya yang sudah terlatih ketempat lain seperti Hijrah ke Jogya bersama TNI dan ke Madiun untuk mengamankan PKI (Wawancara dengan Bapak Ahmad).
Dalam kondisi serba keterpurukan dan ketidak-berdayaan saat itu para perintis kemerdekaan bersikukuh tetap ingin merdeka kendatipun secara hitung¬hitungan dan kenyataanya tidak masuk akal bisa melawan tentara Belanda yang kuat persenjataanya dilawan dengan bambu-runcing (Wawancara dengan Bapak H. Ganda Natasadana), sehingga terbentuklah gagasan politik permainan perang saudara antara tentara islam (DI/T11) dan tentara nasional (TM) dengan kontrak kerja 15 tahun (1947-1962M) dengan tujuan utamanya adalah agar Indonesia tidak diambil alih kembali oleh asing baik Belanda, sekutu atau lainnya (Wawancara dengan Bapak Kosasih). Situasi politik di Jawa Barat saat itu tidak kondusif dan terjadi kekacauan dimana-mana di sebabkan banyaknya pejuang dengan beragam cara dan keinginan masing-masing yang tidak bisa dipadukan yaitu tiga kelompok DI-DI/TII, PKI, TNI, termasuk didalamnya adalah SBZ dan SM. Kartosuwiryo, PKI dan Ir. Sukarno. Sehingga SBZ pada waktu itu bergrilya dan pindah-pindah dari satu kampung ke kampung lain, antar kota dan propinsi hingga ke Arab Saudi dengan musuh utamanya Belanda dan PKI, ditambah ancaman dan fitnahan DI/TII sehingga TNI mencari dan mengejarnya dari Garut sampai ke Padalarang karena menganggap SBZ pimpinan gerombolan DI/TII, pada saat itu SBZ hams menghadapi musuh empat kelompok sekaligus luar dalam (Belanda, PKI, DI/TII dan TNI) dan akhimya beliau memutuskan untuk pergi ke luar negri dengan menyamar sebagai pencari kerja TKI ke Arab Saudi dengan menumpang kapal laut yang bernama Samardi di KTP-nya. Setelah kepergiannya ke Arab Saudi Garut dinyatakan aman oleh kolonel-kolonel Belanda karena dedengkot pimpinanya sudah tewas akan tetapi masyarakat ada yang percaya dan tidak (Wawancara dengan Ibu Aisyah).
6. Perjuangan Syaikhuna Badruzzaman Menumpas DI/TII
Pada permulaanya SBZ dan prajuritnya menggabungkan diri dengan DI/TII pimpinan Kartosuwiryo di gunung, akan tetapi lama-kelamaan prajurit Kartosuwiryo memperlihatkan gejala yang tidak beres ditambah dengan disusupinya anggota PKI dari Madiun (1948M), rumah dibakar, harta rakyat dirampok, orang yang solat di tembak, ulama di sembelih dan terjadilah kekacauan di masyarakat, sehingga SBZ marah dan tidak setuju kepada tindakan SM. Kartosuwiryo dan menarik diri dari gunung dan menugaskan prajuritnya untuk hijrah ke Jogya bersama TNI. Dan sinilah SBZ diancam oleh DI/TII, PKI, TNI dan Belanda pada waktu bersamaan yang kemudian hijrah ke Arab Saudi yang pertama kalinya sekitar tahun 1949. Adapun pasukan Hizbulloh dibawah pimpinan SBZ dibubarkan di Ciheulang Bandung untuk kembali kerumah masing¬masing karena menurut beliau "Perjuangan sudah Surut".
Setelah perjuangan Bangsa Indonesia selesai mengusir penjajah Belanda dan kemudian terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI ditahun 1950 M), situasi dan kondisi khususnya di Jawa Barat belum pulih aman sepenuhnya karena suhu politik masih dipengaruhi oleh perang saudara DI/TII, sisa-sisa PKI Madiun dan TNI, yang menggangu kenyamanan dan keamanan rakyat pada siang dan malam hari, siang diganggu Kombat (TNI) malam oleh gerombolan DI/TII, sebagian hasil panen rakyat harus diserahkan kepada gerombolan kalau ingin selamat, nasi yang sedang dimasak setengah matang (sangu gigih) dipaksa untuk diserahkan, tidak hanya harta benda yang dijarah, nyawa-pun banyak yang dibunuh dan disembelih, sehingga membuat rakyat mengungsi dari kampung halamnya untuk mencari tempat yang dikira aman bagi keluarganya (Wawancara dengan Bapak Zahid).
Kemudian pada situasi tersebut pada tahun 1952 tokoh ulama Garut diundang secara paksa oleh SM. Kartosuwiryo untuk mengadakan perundingan pemegang jabatan MTH Kabupaten Garut dimana Syaikhuna Badruzzaman dan Ajengan Musaddad ditunjuk sebagai Hakim DI serta Ajengan Yusuf Taujiri dan Ajengan Abdul Malik ditunjuk sebagai Bupati DI yang kesemuanya menolak secara halus. Setelah perundingan tersebut Syaikhuna Badruzzaman diamankan dan diberangkatkan ke Mekah oleh Muhammad Natsir karena situasi semakin gawat antara DI/TII dan TNI. Adapun Ajengan Musaddad pindah ke Yogyakarta, Ajengan Abdul Malik ke Bandung, Ajengan Yusuf Taujiri tetap di Wanaraja dan membentuk Pasukan Darussalam (K. H. Muhammad Nenggang, 2010). Setelah SBZ berangkat ke Arab Saudi penjarahan, perusakan, penculikan dan pembunuhan masih dilakukan gerombolan DI/TII, SBZ dijadikan sebagai objek fitnahan yang dituduh suka membunuh dan tinggal di gunung bersama komplotan gerombolan DI/TII Kartosuwiryo padahal jauh dari sangkaan itu Wawancara dengan Bapak Ahmad).
7. Perjuangan Syaikhuna Badruzzaman Menetang PM
Keberadaan ideologi atau faham aliran PKI di Indonesia selalu berujung pada pertumpahan darah dengan cara yang keji, kejam dan tidak mempunyai rasa kemanusiaan yang sasarannya untuk menghabisi para agamawan dan simpatisannya terlebih dari kalangan agama islam, perjuangan PKI dimulai dari pemberontakan PKI Madiun, DPTII-PKI dan berujung dengan gerakan G30S/PKI, sehingga tidaklah pantas memberikan peluang kembali atas munculnya ideologi tersebut mengingat mayoritas agama bangsa Indonesia 90 persen menganut kepercayaan agama Islam dan tindakannya tidak berprikemanusiaan.
Peran SBZ dalam menumpas PKI adalah beliau mengirimkan prajurit Hizbulloh-Sabilillah-nya ke Madiun bersama TNI Siliwangi untuk mengamankan pemberontakan PKI di Madiun 1948 M, tidak cukup sampai disitu beliau-pun ikut menggagalkan terbongkarnya G30S/PKI (1965M) walaupun kondisi saat itu PKI sudah menguasai partai-partai politik, organisasi-organisasi tennasuk petani dan buruh pabrik di seluruh Indonesia. Jauh-jauh sebelum terjadi G30S/PKI beliau sudah mengetahuinya dan segera menyebarkan do'a kepada muridnya, mempraktikan ilmu kewalianya untuk menghindari banjir darah di kalangan rakyat yang tidak berdosa sehingga gagal-lah kudeta PKI (Wawancara dengan Bapak Ateng). Atas terbongkarnya G30S/PKI ini maka yang diuntungkan adalah kolonel Soeharto bukan berarti beliau sebagai pelaku utamanya.
8. Peran Syaikhuna Badruzzaman pada Masa Orde Baru
Pada usia lanjut beliau Syaikhuna Badruzzaman tetap konsisten mengorbankan jiwa dan raganya untuk kepentingan umat, tanpa kenal lelah dan pamrih dengan sedikit istirahat dan tidur, tidurnya-pun masih berfikir dan bekerja seperti yang sering terdengar mengobrol dengan seseorang yang masih bisa dijadikan sumber ilmu dan catatan bagi murid yang sedang memijitnya. Kebiasaanya menelaah kitab terus menerus, mengamalkan ilmunya, membimbing, meladeni dan mengajar bagi siapapun anak, tua, muda dan para ulama baik dan Garut ataupun wilayah Jawa Barat lainya. Tiada hari tanpa pengajian siang dan malam diisi dengan pengajian terus menerus disamping menyebarkan ajaran Tarekat Tijani-nya yang hingga sekarang 2011 perkembanganya sudah mencapai kurang lebih 50 ribu pengikut ajaran Tarekat Tijani di daerah Garut belum termasuk muridnya yang tersebar di wilayah Jawa Barat lainya, antara lain KM. Wahid Panawuan Garut, Ustadz Asep Pasir-ipis, Hj. Karomah putri SBZ, KH. Ao Samarang, KH. Dadin, dan Drs. KH. Asep Makmun Samarang.















































5 komentar:

Faqih ihya mengatakan...

Mas minta referensi buku KH.imam abdussalam

Yuyusahmadyusup mengatakan...

Yang di maksud k.h imam Abdussalam Bandung yg di ciheulang bukan?

Yuyusahmadyusup mengatakan...

Yang di maksud k.h imam Abdussalam Bandung yg di ciheulang bukan?

Anonim mengatakan...

Kadangpintar | Online Casino | Kada Puntar
Online Casino 메리트 카지노 주소 Online Betting · Kada Puntar · Kada 온카지노 Puntar · Kada Puntar. Kada Puntar. Kada 메리트카지노 Puntar. Kada Puntar. Kada Puntar. Kada Puntar. Kada Puntar. Kada Puntar. Kada Puntar. Kada Puntar. Kada Puntar.

Ridjalulhaq mengatakan...

apa hubungannya syaikhuna badruzzaman dengan k.h musthofa kamil ciledug??