Jumat, 01 Juni 2012

SEMINAR NASIONAL K.H. SYAIKHUNA BADRUZZAMAN SEORANG ULAMA PEJUANG

K.H. SYAIKHUNA BADRUZZAMAN

Seorang Ulama Pejuang



 

Oleh:

Dr. H. Mumuh Muhsin Zakaria, M.Hum


 


SEMINAR NASIONAL

PENGUSULAN ALM. SYAIKHUNA BADRUZZAMAN

SEBAGAI PAHLAWAN NASIONAL

 

 


Diselenggarakan oleh:

YAYASAN MASYARAKAT SEJARAWAN INDONESIA

CABANG JAWA BARAT

Pesantren AI-Falah-Biru, Garut 4 Mei 2011


 

clip_image001

K.H. SYAIKHUNA BADRUZZAMAN

Seorang Ulama Pejuang



Oleh:

Dr. H. Mumuh Muhsin Zakaria, M.Hum (1)

Pengantar
Pahlawan semestinya merupakan atribut yang diberikan oleh masyarakat kepada seorang tokoh. Masyarakat memiliki logika dan kriteria sendiri mengenai layak tidaknya seorang tokoh dianggap sebagai pahiawan. Atas dasar dua pernyataan itu, secara asumsi paling tidak, penulis beranggapan bahwa berdasarkan faktor-faktor objektif yang diketahui dan dirasakan oleh masyarakat berkait dengan kiprahnya di masa silam, masyarakat (sebagai pemilik sah sejarah) sudah menilai bahwa K.H. Syaikhuna Badruzzaman adalah seorang pahiawan. Akan tetapi dalam kenyataannya tidak semudah itu sebab di Indonesia kepahlawanan seseorang lebih karena pengakuan pemerintah melalui surat keputusan yang ditandatangani oleh presiden. Untuk mencapai itu hams dilalui sejumlah prosedur yang cukup berliku.
Dengan demikian, karena kepahlawanan seseorang diberikan oleh pemerintah maka bisa dikatakan bahwa kepahlawanan seseorang itu lebih karena pertimbangan politis di samping pertimbangan-pertimbangan objektif kesejarahan. Namun begitu, tidak berarti seorang tokoh yang secara formal memenuhi kriteria kepahlawanan berdasarkan fakta objektif kesejarahan akan serta merta dikukuhkan sebagai pahiawan nasional. Bisa jadi ada seorang tokoh yang secara objektif kesejarahan memenuhi syarat untuk diangkat sebagai pahiawan nasional dan masyarakat sudah mempahlawankannya, namun apabila pemerintah tidak atau belum "berkenan", tokoh tersebut tidak atau belum bisa diangkat sebagai pahiawan nasional.
(1) Staf pengajar di Universitas Padjadjaran dan Ketua Umum Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Cabang Jawa Barat.
Sesungguhya, tidak ada seorang pejuang pun yang ketika berjuang meniatkan diri untuk menjadi seorang pahlawan atau ingin dipahlawankan. Atribut kepahlawanan itu diberikan oleh pihak lain jauh atau setelah sekian lama sang tokoh wafat. Sesungguhnya yang butuh pahlawan itu bukan sang tokoh tapi kita, masyarakat, bangsa, dan negara.
Mengapa kita butuh pahlawan? Keberadaan kita sekarang ini tidak terjadi begitu saja tapi melalui proses sejarah yang panjang. Sering proses itu hams dilalui dengan kucuran air mata, berdarah-darah, bahkan mengorbankan nyawa. Pada kekinian kita ada kontribusi yang sangat berharga dari generasi terdahulu. Oleh karena itu, kita berutang kepada mereka; utang yang hams dibayar. Cara membayarnya adalah mewujudkan sesuatu yang jadi cita-cita mereka ketika berjuang dengan mengorbankan segalanya itu. Dalam konteks inilah sesungguhnya kita memerlukan keberadaan pahlawan. Di samping itu, mengangkat seseorang jadi pahlawanan merupakan upaya kita mengapresiasi dan menghargai mereka-mereka yang telah berjasa.
Secara praktis-pragmatis keberadaan pahlawan pun dapat menginspirasi kita untuk senantiasa berbuat penuh manfaat bagi kemaslahatan umat, bagi bangsa dan negara. Keberadaan pahlawan pun dianggap penting karena is dapat menjadi acuan nilai, referensi moral, dan rujukan perilaku ideal. Tidak kalah penting dari yang sudah disebutkan di atas adalah bahwa kita perlu simbol; dan melekat pada sosok kepahlawanan seseorang itu muatan banyak simbol. Poin inilah sesungguhnya, menumt anggapan penulis, yang menjadi critical point yang menjadi pertimbangan pemerintah mengabulkan atau menolak pengajuan kepahlawanan seseorang.
Dalam konteks itulah sesungguhnya kita berseminar pada hari ini. Dalam makalah ini akan dibahas sekilas riwayat hidup K.H. Syaikhuna Badruzzaman.
Sekilas Riwayat Perjuangan K.H. Syaikhuna Badruzzaman
K.H. Syaikhuna Badruzzaman (1900 — 1972) hidup dalam tiga zaman. Beliau mengalami hidup pada zaman penjajahan Belanda selama 42 tahun, zaman Pendudukan Jepang selama 3,5 tahun, dan pada zaman Republik Indonesia merdeka selama 27 tahun. Bila dilihat dari sisi semangat zamannya (Zeitgeist), orang yang hidup pada ketiga pilahan waktu seperti itu – mau tidak mau, sedikit atau banyak, kecil atau besar – ada kecenderungan akan terlibat dalam kancah perjuangan sesuai dengan kapasitas dan posisi sosialnya di tengah-tengah masyarakat.
Banyak label sosial bisa dilekatkan pada sosok K.H. Syaikhuna Badruzzaman. Beliau adalah seorang priayi, seorang kaya-raya, seorang ulama besar dalam bidang syariah, seorang ulama besar dalam bidang tasawwuf (thoriqoh), seorang ulama ahli hikmah, seorang guru/da 'ilmuballigh, seorang jawara, seorang organisator yang aktif dalam berbagai ormas dan orpol, dan sebagainya. Akumulasi dari semua atribut itu telah mengantarkan K.H. Syaikhuna Badruzzaman menjadi seorang sosok manusia yang ditokohkan dengan kharisma yang tinggi.
Sesungguhnya orang seperti K.H. Syaikhuna Badruzzaman bisa hidup sangat nyaman, tenang, dan senang dengan menikmati hak-hak istimewa (privilege) dart penguasa asal saja beliau mau "duduk maths", bekerja sama, dan berkompromi dengan setiap rezim penguasa yang ada. Akan tetapi, K.H. Syaikhuna Badruzzaman tidak seperti itu. Beliau selalu menampilkan diri sebagai seorang perekayasa sosial (social enginer) yang aktif yang berkeinginan mengarahkan perkembangan masyarakatnya ke jalur yang baik dan benar. Kehidupan beliau senantiasa dalam semangat amat ma 'ruf nahyi munkar, menegakkan kebenaran, keadilan, dan kejujuran. Beliau pun bersemangat membebaskan masyarakat dari ketertindasan, kedzoliman, kebodohan, dan kemiskinan. Untuk mewujudkan semua itu, dengan fondasi tauhid yang kokoh, bagi K.H. Syaikhuna Badruzzaman tidak ada kekuatan makhluk apa pun yang ditakuti, kecuali Alloh subhanhu wa ta 'ala.
Dilatari oleh semangat seperti itu, bisa dipahami bila K.H. Syaikhuna Badruzzaman sejak zaman penjajahan Belanda beliau sudah berani memprotes kebijakan-kebijakan pemerintah, misalnya seperti penentangan terhadap praktik penyuntikan terhadap mayat. Demikian juga pada zaman Pendudukan Balatentara Jepang. Oleh karena itu, tidak heran bila oleh setiap pemerintah penjajah K.H. Syaikhuna Badruzzaman selalu dianggap sebagai musuh yang terus diburu dan senantiasa jadi target untuk ditangkap.
Dengan diproklamasikannya kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945 tidak berarti selesai segala penderitaan rakyat dan berakhirnya penjajahan. Bahkan sebaliknya, periode pasca-proklamasi ini justru merupakan puncak perjuangan fisik yang dilakukan oleh rakyat Indonesia. Mengapa demikian? Karena proklamasi kemerdekaan yang dilakukan bangsa Indonesia yang memanfaatkan kekosongan kekuasaan (vacuum of power) setalah Jepang takluk kepada Sekutu tidak diakui oleh Sekutu. Sekutu sebagai pemenag merasa sebagai pihak yang paling sah mewarisi negara bekas jajahan Jepang itu. Oleh karena itu, beberapa bulan setelah proklamasi kemerdekaan, tentara Sekutu datang ke Indonesia untuk menggagalkan negara proklamasi itu. Terjadilah konflik terbuka antara dua pihak yang memiliki kepentingan berbeda itu, pihak Republik Indonesia yang ingin mempertahankan kemerdekaan dan pihak Sekutu yang ingin membatalkan kemerdekaan. Setelah kekalahan pihak Jepang, rakyat dan pejuang Indonesia berupaya melucuti senjata para tentara Jepang. Timbullah pertempuran-pertempuran yang memakan korban di banyak daerah. Ketika gerakan untuk melucuti pasukan Jepang sedang berlangsung, tanggal 15 September 1945, tentara Inggris mendarat di Jakarta. Pada 12 Oktober 1945 Brigade McDonald dari Divisi India ke-23 tiba di Jawa Barat. Kemudian tentara Inggris pun mendarat di Surabaya pada tanggal 25 Oktober 1945.
Tentara Inggris datang ke Indonesia tergabung dalam AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) atas keputusan dan atas nama Blok Sekutu, dengan tugas untuk melucuti tentara Jepang, membebaskan para tawanan perang yang ditahan Jepang, serta memulangkan tentara Jepang ke negerinya. Namun, selain itu tentara Inggris yang datang juga membawa misi mengembalikan Indonesia kepada administrasi pemerintahan Belanda sebagai negeri jajahan Hindia Belanda. NICA (Netherlands Indies Civil Administration) ikut membon¬ceng bersama rombongan tentara Inggris untuk tujuan tersebut. Hal ini memicu gejolak rakyat Indonesia dan memunculkan pergerakan perlawanan rakyat Indo¬nesia di mana-mana melawan tentara AFNEI dan pemerintahan NICA. Dalam situasi seperti itulah, K.H. Syaikhuna Badruzzaman secara aktif mengambil bagi¬an dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan.
Pada 15 Oktober 1945 di Bandung dilakukan pertemuan antara Sekutu dengan pihak TKR. Dalam pertemuan itu pihak Sekutu minta bantuan pihak TKR agar tugas Sekutu berjalan lancar. Pihak TKR pun minta bantuan pihak Sekutu agar membantu pihak RI dalam hal keamanan dan ketertiban, khususnya untuk mencegah provokasi-provokasi dari pihak Belanda yang mau menjajah kembali Indonesia. Dalam kenyataannya pihak Sekutu lebih berpihak pada Belanda sehingga situasi menjadi bertambah tegang. Tentara Sekutu dan tentara Belanda sering bertindak menyakitkan hati penduduk. Tindakan mereka dibalas oleh penduduk Jawa Barat dengan jalan menculik orang-orang Belanda dan Indo-Belanda, memblokade bahan makanan, dan menghambat lalu-lintas kendaraan Sekutu dengan barikade-barikade yang kemudian sering menimbulkan bentrokan. Puncaknya terjadi pada tanggal 24 November 1945 ketika terjadi serangan umum terhadap kedudukan tentara Inggris dan Gurkha sehingga berkecamuklah pertempuran di banyak daerah di Jawa Barat.
Berkaitan dengan peristiwa pertempuran di Surabaya, banyak ulama beserta para pengikutnya dari Garut berangkat ke sana untuk membantu menghadang tentara Sekutu. Di antara ulama itu adalah K.H Musthofa Kamil dan K.H. Syaikhuna Badruzzaman. Bahkan, K.H. Musthofa Kamil gugur di Surabaya sebagai syuhada. Berdasarkan sumber lisan, K.H. Syaikhuna Badruzzaman memiliki peran tersendiri dalam pertempuran Surabaya itu. Sekali lagi, berdasarkan sumber lisan, melalui karomahnya, K.H. Syaikhuna Badruzzaman dengan menggunakan senjata sorbannya banyak merontokkan senjata dan kendaraan musuh. Bahkan ada sumber lisan yang menyebutkan bahwa terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby (pemimpin tentara Inggris untuk Jawa Timur), pada 30 Oktober 1945 sekitar pukul 20.30 dilakukan oleh K.H. Syaikhuna Badruzzaman. Kematian Mallaby ini menyebabkan pihak Inggris marah kepada pihak Indonesia dan berakibat pada keputusan pengganti Mallaby, Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh untuk mengeluarkan ultimatum 10 November 1945 untuk meminta pihak Indonesia menyerahkan persenjataan dan menghentikan perlawanan pada tentara AFNEI dan administrasi NICA.
Disebutkan bahwa sebagai pengakuan dan respek orang Surabaya atas jasa K.H. Syaikhuna Badruzzaman, pernah datang orang dan Surabaya ke pesantren al-Falah Biru sengaja menemui K.H. Syaikhuna Badruzzaman. Bahkan sejak itulah, konon, "gelar" syaikhuna melekat pada nama beliau. Mengenai peran K.H. Syaikhuna Badruzzaman dalam pertempuran Surabaya itu dituturkan secara lisan antara lain oleh H. Sambas (murid K.H. Syaikhuna Badruzzaman), Bapak Zahid, Bapak Ali (dosen UN1GA), dan Bapak Ahmad kepada Tim Penulis Buku Sejarah Perjuangan Syaikhuna Badruzzaman (2011) yang dipimpin oleh Aceng Tajul Arifin.(2)
Peran K.H. Syaikhuna Badruzzaman tidak hanya sampai di situ dan tidak hanya berkait dengan pihak asing yang hendak menajajah kembali tapi berlanjut pada periode-periode kemudian. Sebagai konsekuensi dari perjuangan diplomasi antara Pemerintah Republik Indonesia dengan pihak asing yang ingin menjajah kembali Indonesia telah melahirkan sikap pro dan kontra. Hal itu telah menimbulkan konflik internal di kalangan rakyat Indonesia sendiri. Dari situasi seperti inilah munculnya Gerakan DI/TII pimpinan Kartosuwiryo. Gerakan ini telah melahirkan konflik horizontal di kalangan bangsa sendiri. Praktik teror dan kriminal (pembunuhan, pencurian, pembakaran) yang dilakukan Gerakan DI/TII telah mengancam keamanan dan keselamatan masyarakat. Munculnya gerakan ini tidak hanya sebagai reakti atas ketidaksetujuannya terhadap politik diplomasi yang dilakukan pemerintah tapi juga lebih daripada itu, yakni berlatar belakang ideologis. K.H. Syaikhuna Badruzzaman yang pada awalnya turut bergabung dengan Kartosuwiryo, kemudian menarik diri setelah disadari ada perbedaan mendasar dalam prinsip-prinsip perjuangan. K.H. Syaikhuna Badruzzaman dan para muridnya kemudian melakukan perlawanan terhadap Gerakan DI/TII Kartosuwiryo itu.
(2) Penulis menyarankan, karena ini menyangkut peristiwa besar dan penting bagi sejarah Indonesia, maka atas keterangan lisan itu hares dilakukan check and recheck, dan lakukan teknik corroborasi dengan sumber-sumber atau informasi lainnya supaya kesahihannya dapat dipertanggung-j awabkan.
Setelah Gerakan DI/TII, negeri ini pun diguncang oleh Pemberontakan G.30 S/PKI. Gerakan makar yang berlatar ideologis ini sangat mengancam keamanan dan keselamatan rakyat, terutama orang-orang Islam. Negara proklamasi yang berasaskan Pancasila pun turut terancam. Pada periode ini K.H. Syaikhuna Badruzzaman tampil memainkan peran pentingnya. Melalui caranya sendiri, K.H. Syaikhuna Badruzzaman menyelamatkan rakyat Indonesia dari kerugian yang lebih besar akibat dari pemberontakan itu.
Selain berjuang secara fisik di medan pertempuran, K.H. Syaikhuna Badruzzaman pun berjuang melalui beragam aktivitas di berbagai organisasi kemasyarakatan dan organisasi politik. Beliau pun terus aktif di bidang pendidikan, pengajaran, dakwah. Kesemua itu dilakukan tidak lepas dari motivasi perjuangan.
Penutup
K.H. Syaikhuna Badruzzaman adalah satu dari sekian banyak manusia Indonesia yang berjuang untuk negerinya. Perjuangan yang beliau lakukan melampauai batas tanggung jawabnya. Luasan wilayah perjuangan beliau pun tidak terbatas di wilayah lokal Garut, tetapi meluas ke tingkat provinsi Jawa Barat, bahkan menasional.
Dengan jiwa dan semangat juang yang konsiten yang berlangsung hampir sepanjang hayatnya menjadikan K.H. Syaikhuna Badruzzaman sebagai seorang tokoh yang dicintai dan diteladani masyarakat. Ajaran yang beliau sampaikan masih terus melekat pada masyarakat. Beliau telah berhasil menjadi sosok manusia yang menerangi masyarakat bagaikan "bulan purnama yang menerangi zaman".
DAFTAR SUMBER
Abdurrahman, Oman. 2010. Sejarah Pesantren al-Falah Biru dan Perjuanagn Syekhuna Badruzaman Melawan Penjajah Belanda dan Jepang. Garut: Yayasan Pendidikan Islam al-Falah Biru.
Arifin, Aceng Tajul. 2011. Sejarah Perjuangan Syaikhuna Badruzzama (1898
1972). Garut: Yaya-san Pengembangan Pesantren al-Falah Biru.
Badruzzaman, Ikyan. 2007. K.H. Badruzzaman dan Perkembangan Thariqar
Tijaniyah di Garut. Garut: Zawiyah Thariqat Tijaniyah.
"Periode KII. Badruzaman", dalam http://arbiakbar.blogspot.com/2009/05/ periode-kh-badruzaman.html (1 Mei 2011).



































1 komentar:

Anonim mengatakan...

Lucky Club Casino Site - Lucky Club
Lucky Club Casino is located on the site of the Lucky Club Casino, You can find the casino site for you here on Lucky Club! Check Lucky Club luckyclub.live